Blogroll

Search

Archive for Fikih

Dosaku dan Dosamu

July 25th, 2010 by and tagged , , ,

Ya tuhanku, aku bukanlah ahli surga

Namun aku tidak sanggup  masuk ke dalam nerakamu

Anugerahilah aku untuk bertobat dan ampunilah dosa-dosaku,

Karena sesungguhnya engkaulah pengampun segala dosa.

Syair di atas adalah hasil terjemahan secara bebas yang penulis terjemahkan dari seorang penyair  dari ulama terkemuka yaitu Abu Nawas. Mengingat syair itu, ingin rasanya aku mengajak kita semua untuk  introspeksi diri, melihat lagi ke dalam diri kita bahwa di dalamnya masih banyak sekali kekotoran-kekotoran yang belum kita singkirkan bahkan kita senang dengan kekotoran itu.

Jika dalam diri kita masih menyatakan bahwa ada orang lain yang lebih berdosa dari kita, tidak sadarkah kita bahwa sesungguhnya orang yang paling sering kita pantau dan yang paling kita ketahui segala kesalahannya adalah diri kita sendiri.

Kita memantau seseorang hanya sekejap mata dan terkadang hanya dari satu sisi, sedangkan kita memantau diri kita setiap saat dan setiap detik serta dari segala sisi yang kita rasakan. Tapi mengapa kita lebih menemukan banyak kesalahan pada orang lain bukan pada diri kita sendiri ?

Satu pertanyaan yang sesungguhnya dapat menyingkap siapa diri kita sebenarnya adalah :

“Dosaku dan dosamu, manakah yang lebih besar dan lebih banyak ?”

Posted in Agama, Artikel, cerpen, curhat, Fikih | 1 Comment »

Hari Jumat

July 23rd, 2010 by and tagged , , ,

Hari ini, Jumat 23 Juli 2010 mentari terbit dengan cerah, suasana pagi hari ini begitu indah seindah hatiku. Aktivitas pertama pagi hari ini adalah membersihkan kost-ku yang sudah tampak berantakan sekali. Maklumlah, dikost-ku  hanya ada aku seorang. Teman-temanku yang lain sedang asyik berkumpul bersama keluarganya di rumah.

Kost-ku yang cukup luas dengan 6 kamar yang mana dalam masing-masing kamar terdapat kamar mandi, serta satu ruang tengah dan dua balkon dibelakang dan di depan kost, menjadikanku cukup tersiksa membersihkan semuanya seorang diri.  Setelah kost bersih, saatnya aku melanjutkan aktifitas yaitu Online untuk mengecek email yang masuk, meng-update status, dan ngeblog sedikit.

Saat sedang Online di kampus, terdengar suara pengajian dari masjid menandakan waktu shalat Jumat hampir tiba. Sebelum aku selesai dengan laptopku, aku ingin sedikit menulis keutamaan hari Jumat hanya sekedar untuk mengingat-ingat kembali.

Rasulullah SAW bersabda :  “ Hari terbaik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga. Kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (HR. Muslim)

Posted in Agama, Artikel, curhat, Fikih | Comments Off on Hari Jumat

Hatiku dan Hatimu

June 22nd, 2010 by and tagged , , ,

Minggu, 20 Juni 2010, aku diberi kehormatan untuk mengisi pengajian mingguan ibu-ibu jama’ah masjid Albarakah yang terletak di Tambak Aji Rw 1. Entah materi apa yang akan aku sampaikan. Setelah dipikir-pikir, aku memutuskan untuk mengangkat tema tentang “hatiku dan hatimu”. Kenapa tentang hati ? Karena kalau aku mengangkat tema tentang Filsafat Abad 20, Aku khawatir ibu-ibu akan protes mengapa aku membicarakan tentang pandangan-pandangan Aristoteles, Plato, Al-Farabi, dsb mengapa aku tidak membicarakan tentang pandangan Pak RT dan Pak RW yang jelas-jelas mereka temui setiap hari.

Ibnu Al-Qayyim Al-Jauzi membagi hati menjadi tiga :

1. Hati yang sehat : Hati yang bersih dari segala macam noda. Hatinya dipenuhi dengan cinta kepada Allah SWT sehingga menjadikan ibadah sesuatu yang indah dan asyik untuk dijalankan

2. Hati yang sakit : Hati yang terkadang melakukan dosa dan terkadang taat kepada Rabb. Jika melakukan dosa ia merasa bahwa itu adalah dosa tetapi ia tidak sanggup menahan nafsunya untuk menjauhi maksiyat.

3. Hati yang mati ; Hati yang tidak merasakan penyesalan ketika melakukan dosa. Dia selalu menuruti hawa nafsunya, melanggar perintah tuhannya dan tidak merasa bersalah  dan malu atas apa yang telah ia lakukan.

Setelah mengerti macam-macam  hati, marilah kita introspeksi diri, Tergolong yang manakah hati kita ? Adakah kita selalu rindu dan merasa nikmat dalam beribadah, atau kita merasa berat dalam melaksanakan ibadah, atau tidak ingin sama sekali untuk beribadah ?

Posted in Agama, Artikel, curhat, Fikih | 1 Comment »

Tasawuf dan Cinta

June 17th, 2010 by and tagged ,

“Inti Tasawuf adalah Akhlakul Karimah (Akhlak yang mulia)”, itulah kalimat yang terucap dari Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA. saat mengisi mata kuliah Tasawuf Akhlaki.

“Tasawuf adalah permasalahan dzauq(rasa)”, itulah yang diucapkan oleh Dr. Abdul Muhaya, MA. saat mengisi mata kuliah Teori Suluk.

Entah berapa banyak lagi orang yang mendefinisikan tasawuf. Mungkin ketika kita telah belajar tasawuf, maka akan terbentuk definisi tasawuf dalam diri kita yang mana definisi itu berbeda sama sekali dengan definisi-definisi yang telah ada saat ini.

Setelah belajar begitu banyak tentang tasawuf,  kepalaku terasa pusing. Mengapa begitu berat dan sulit sekali bagi seorang manusia untuk bisa ‘benar-benar dekat’ dengan Tuhannya ? Kenapa aku katakan ‘benar-benar dekat’ ? karena sesungguhnya kita sudah dekat dengan tuhan. Begitu banyak maqam (tahapan) yang harus kita lalui, dimulai dari Taubat sampai akhirnya ke maqam ma’rifat.

Jika seseorang memakan mentah-mentah teori yang disampaikan di bangku sekolah, niscaya seluruh hidupnya akan habis (bahkan kurang) untuk menempuh dari satu maqam ke maqam yang lainnya.  Seluruh keluarganya bisa jadi terbengkalai karena urusan tasawuf.  Untuk itu, jangan sesekali memakan mentah-mentah apa  yang telah disampaikan di bangku sekolahan.

Tasawuf adalah Akhlakul Karimah, Tasawuf adalah permasalahan rasa. Untuk itu aku mendefinisikan tasawuf dengan satu kata.” Tasawuf adalah cinta”. Maka, jika seseorang belajar tentang tasawuf, sesungguhnya ia sedang belajar tentang cinta. Bagaimana memurnikan cinta semurni-murninya ?

Cinta… Oh cinta…

Posted in Agama, Artikel, curhat, Fikih | 2 Comments »

Riba Menurut Alqur’an, Taurat, dan Injil

March 21st, 2009 by and tagged , , ,

Riba menurut bahasa bermakna ziyadah (tambahan). Sedangkan riba menurut istilah adlah mengambil tambahan dari harta pokok / modal secara bathil.

Riba Menurut Alqur’an

“…..padahal Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba …..”

(QS: Albaqorah : 275)

Riba menurut Taurat

Taurat yang dibawakan nabi Musa AS merupakan kitab suci orang Yahudi, Namun kitab suci ini tidak terlepas dari tangan jahil bangsa Yahudi. Taurat diuraikan atau diberi komentar oleh para iman Yahudi. Uraian tersebut dikumpulkan sehingga terbentuklah Talmud. Diantara pokok ajaran Talmud : Read the rest of this entry »

Posted in Agama, Fikih | 6 Comments »

Susah Tidur, Dapat Ilmu Mandi Junub

February 5th, 2009 by and tagged , ,

Ini semua berawal dari masalah yang akhir-akhir ini timbul pada diri gw. Seperti yang pernah aku postingkan pada tulisan yang berjudul Insomnia/ Susah tidur. Aneh bin Ajaib, entah mengapa kalau sudah di atas jam 10 malam atau pukul 22.00 mata ini susah banget untuk di ajak terbang ke alam lain. Namun, kayanya masalah gw malam  ini, ngga akan terjadi kalau ngga gara-gara temen gw yang bernama novi yang jago web dan jago memecahkan masalah terutama masalah wanita.

Kayanya sih dia udah tau kalo gw sulit tidur di atas jam 22.00, tapi entah karena sengaja apa ngga dia nugasin gw untuk menyampaikan sesuatu kepada para blogger. Sedangkan blogger baru bisa kumpul biasanya paling lambat jam 22.00. So, mau ngga mau gw harus melek di atas jam segitu.

Untuk selanjutnya sudah dapat diduga apa yang terjadi denganku. Pukul 00.00 sudah berlalu tapi mata ini teteeeeep aja ngga mau gw ajak bermimpi indah. Daripada cuma tidur-tiduran gw berusaha mencari sesuatu yang bermanfaat dan mengasyikkan. Tapi apa yang bisa gw lakukan di tengah malam begini ?

Tentunya para blogger tahu dong apa yang mengasyikkan di saat-saat seperti itu. Apalagi sih kalau bukan browsing/ surfing mencari tambahan ilmu lewat dunia tanpa batas. Baru aja gw buka internet, kebingungan melanda. Apa yang harus gw cari ? Ngga mungkin dong gw buka bloggnya si Novi yang udah menyebabkan gw ngga bisa tidur. Akhirnya gw dapat inspirasi, berhubung besok pagi gw ngisi pelajaran fiqih, yah udah gw cari aja informasi seputar fiqih. eeeeh ketemu deh pertanyaan di bawah ini :

  1. Bener ngga sih orang yang junub dilarang memotong rambut atau kukunya karena anggota badan yang terlepas baik itu rambut ataupun kuku jika orang yang junub belum mandi maka anggota itu akan menjadi api neraka ?
  2. Bagaimana rambut yang rontok ? Read the rest of this entry »

Posted in Artikel, curhat, Fikih | 6 Comments »

Ruang Lingkup Fiqih

February 4th, 2009 by and tagged , , , , , , ,

Kata “Fiqih” sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim apalagi bagi para penuntut ilmu di kalangan pesantren / santri yang hampir kesehariannya membahas masalah fiqih. Pada postingan kali ini, alangkah asyiknya kalau bloggku juga memuat masalah agama. Semoga bisa ditiru oleh lainnya.

Fiqih berasal dari kata faqiha-yafqahu-fiqhan yang berarti memahami mengerti atau mempaeroleh pengetahuan. Dalam al-Qur`an terdapat 20 kata fiqih, dimana semuanya mempunyai arti memahami, namun dalam surat at-Taubah dihubungkan dengan pemahaman kepada agama. Fiqih juga berarti pengetahuan, pengertian, dan kecerdasan, dan bersinonim dengan kata ilmu (`ilm), Fiqh al-Lughah berarti ilmu bahasa. Buka swaramuslim.com Read the rest of this entry »

Posted in Fikih | 1 Comment »