Blogroll

Search

Pendidikan dan Dana

March 23rd, 2012 by and tagged , , ,

Rasulullah SAW bersabda bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib. Sahabat beliau yaitu Ali Bin Abi Thalib sebagai orang yang memiliki julukan “Pintu Ilmu” mengatakan bahwa dalam menuntut ilmu dibutuhkan biaya. Jika kita berbicara tentang ilmu, maka tidak akan lepas dengan yang namanya pendidikan. Dengan kata lain ilmu dan pendidikan merupakan dua hal yang identik. Pendidikan dan biaya merupakan dua hal yang saling berkaitan bukan hanya saat sekarang ini dimana semua sudah serba materialis tetapi juga pada masa lalu.

Tidak sedikit orang yang ingin menjadi pintar tetapi terkadang mereka terbentur dengan biaya. Memang pendidikan tidak hanya dapat diperoleh dari bangku sekolah, tetapi bangku sekolah merupakan tempat yang paling umum yang dapat ditemui untuk mencari ilmu dan mendapatkan pendidikan.

Dibutuhkannya biaya agar seorang manusia mendapatkan pendidikan memang merupakan hal yang dapat dimengerti oleh siapa saja. Namun sayangnya, pada masa-masa sekarang ini tidak sedikit lembaga-lembaga pendidikan yang hanya sekedar untuk mencari dana dan mengesampingkan nilai pendidikan itu sendiri.

Jika lembaga pendidikan sudah berorientasi kepada menghasilkan dana, lalu pendidikan seperti apa yang akan di dapat. Janganlah negeri kita ini mencetak manusia yang hanya pintar di otak saja tetapi tidak di hatinya.

Wallahu a’lam.

 

Facebook Comments

Posted in Agama, Artikel, curhat | 1 Comment »



One Response to “Pendidikan dan Dana”

  1.   dloen Says:

    Hmmm..mesti ini berkaitan dgn RUU PT ya ka..
    eamang, masa ce..pendidikan jg mau djadikan ladang bisnis..