Blogroll

Search

Kenapa Protes Kenaikan BBM?

March 22nd, 2012 by and tagged , , ,

Kenaikan harga BBM yang akan terjadi sebentar lagi menimbulkan pro dan contra dari berbagai kalangan. Perbandingan antara yang pro dan contra sangat jauh sekali ibarat langit dan bumi. Jauh lebih banyak golongan yang contra dari pada yang pro. Harga kenaikan BBM disebabkan karena ekonomi dunia yang sedang tidak menentu. Untuk menangani masalah ekonomi global ini maka pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM terhitung 1 April 2012 ini. Yang menjadi pertanyaan adalah, “Jika memang untuk keperluan bersama alias keperluan nasional, lalu kenapa kita protes?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis mencoba memberikan gambaran yang mana gambaran ini murni menurut penulis. Berikut adalah gambaran yang dapat penulis berikan.

Terdapat tujuh orang mengendarai mobil dalam suatu perjalanan menuju desa Suka Makmur. Di tengah perjalan mobil mogok sehingga perjalanan tidak dapat di teruskan lagi kecuali jika penumpang berkenan mendorong bus secara bersama-sama agar mesin mobil dapat kembali menyala.

Para penumpang yang rata-rata mengerti tentang mesin mobil mengetahui dengan sesungguhnya bahwa mobil akan dapat berjalan kembali jika memang harus di dorong. Maka semua penumpang akan dengan senang hati mendorong mobil yang mereka tumpangi walaupun mereka memerlukan tenaga dan pengorbanan yang lebih untuk mendorong mobil itu agar mesin kembali menyala.

Cerita di atas adalah kondisi dimana memang permasalahan atau rintangan dapat dipahami dan dihadapi bersama.  Akan berbeda jika ceritanya seperti di bawah ini.

Ketika mobil mogok para penumpang yang mengerti mesin mobil tahu bahwa sesungguhnya tidak perlu mendorong mobil agar mesin kembali menyala. Tapi si supir tetap mengatakan harus di dorong. Kira-kira apa yang akan terjadi ? Yang akan terjadi adalah pro dan kontra. Bagi yang Pro mungkin mereka lebih memilih damai sedangkan bagi yang Contra mungkin mereka tidak menerima keputusan si supir yang menurut mereka untuk apa mendorong kalau cara lain yang lebih mudah dapat dilakukan.

Protes Kenaikan BBM yang terjadi saat sekarang ini bisa jadi disebabkan karena sesungguhnya kita masih bisa mencari jalan lain selain menaikkan harga BBM yang pada akhirnya hanya akan menyengsarakan rakyat kecil. Jalan apa itu ? Untuk jawaban dari pertanyaan yang satu ini silakan masing-masing kita untuk memikirkannya.

 

Facebook Comments

Posted in Agama, Artikel, curhat | 6 Comments »



6 Responses to “Kenapa Protes Kenaikan BBM?”

  1.   suharyanto hadi Says:

    terlalu lama pemerintah dalam mengambl keputusan mengakibatkan ongkos politik dan ekonominya sangat mahal dan menimbulkan keresahan masyarakat

  2.   suryo Says:

    Inilah negara kita. Bagi para atasan mengatakan bahwa mereka perlu mempertimbangkan apa yang akan mereka putuskan. Sebelum keputusan dibuat, entah sudah berapa banyak nyawa yang melayang, uang dan waktu terbuang.

  3.   fajrul Says:

    kenapa indonesia tidak bisa kaya negara2 luar yang maju…
    apakah indonesia tidak ada kebijakan?
    atau…
    memang kebanyakan rakyatnya…

  4.   dloen Says:

    soalnya pemerintah tdak punya policy dan isdem ogh..ya ngonoh jadinya.

  5.   suryo Says:

    Jika kita ngurusin negara memang terkadang bikin pusing. so… yang terpenting adalah kita berjuang untuk negara dan bangsa dengan menjadi pribadi yang baik.
    Jangan menyalahkan dan menjelek-jelekkan orang lain karena sesungguhnya kita juga belum baik bahkan bisa jadi lebih jelek dan terkadang kita tidak tahu bahwa kita lebih parah dari orang yang kita jelek-jelekkan.
    Keep fighting frend>>> do the best and be the best. May god blees u.

  6.   suryo Says:

    Lebih penting dari segala yang penting adalah cinta. Negara ini akan hancur jika negaranya tidak punya cinta.
    Km punya cinta ga?