Blogroll

Search

Hatiku dan Hatimu

June 22nd, 2010 by and tagged , , ,

Minggu, 20 Juni 2010, aku diberi kehormatan untuk mengisi pengajian mingguan ibu-ibu jama’ah masjid Albarakah yang terletak di Tambak Aji Rw 1. Entah materi apa yang akan aku sampaikan. Setelah dipikir-pikir, aku memutuskan untuk mengangkat tema tentang “hatiku dan hatimu”. Kenapa tentang hati ? Karena kalau aku mengangkat tema tentang Filsafat Abad 20, Aku khawatir ibu-ibu akan protes mengapa aku membicarakan tentang pandangan-pandangan Aristoteles, Plato, Al-Farabi, dsb mengapa aku tidak membicarakan tentang pandangan Pak RT dan Pak RW yang jelas-jelas mereka temui setiap hari.

Ibnu Al-Qayyim Al-Jauzi membagi hati menjadi tiga :

1. Hati yang sehat : Hati yang bersih dari segala macam noda. Hatinya dipenuhi dengan cinta kepada Allah SWT sehingga menjadikan ibadah sesuatu yang indah dan asyik untuk dijalankan

2. Hati yang sakit : Hati yang terkadang melakukan dosa dan terkadang taat kepada Rabb. Jika melakukan dosa ia merasa bahwa itu adalah dosa tetapi ia tidak sanggup menahan nafsunya untuk menjauhi maksiyat.

3. Hati yang mati ; Hati yang tidak merasakan penyesalan ketika melakukan dosa. Dia selalu menuruti hawa nafsunya, melanggar perintah tuhannya dan tidak merasa bersalah  dan malu atas apa yang telah ia lakukan.

Setelah mengerti macam-macam  hati, marilah kita introspeksi diri, Tergolong yang manakah hati kita ? Adakah kita selalu rindu dan merasa nikmat dalam beribadah, atau kita merasa berat dalam melaksanakan ibadah, atau tidak ingin sama sekali untuk beribadah ?

Facebook Comments

Posted in Agama, Artikel, curhat, Fikih | 1 Comment »



One Response to “Hatiku dan Hatimu”

  1.   Bette Says:

    You’ve hit the ball out the park! Incedirlbe!