Blogroll

Search

Sekolah Alam Semesta

June 12th, 2010 by and tagged , , ,

Setiap individu telah di doktrin bahwa sekolah adalah tempat di mana ada gedung, ruang kelas, papan tulis, meja dan kursi, guru, dsb. Parahnya, doktrin ini telah mengakar dari lapisan bawah hingga paling atas dan dimulai dari kecil sampai tua. Tidak sadarkah kita bahwaAlam Semesta ini adalah sekolah untuk kita ?

Alam semesta dan segala apa yang ada di dalamnya dan segala apa yang kita hadapi di dalamnya adalah sekolah bagi kita. Allah SWT bertindak sebagai kepala sekolah, para malaikat sebagai karyawan, para rosul sebagai guru yang terjun langsung dalam mengajar, kitab-kitab suci sebagai buku pedoman, hari akhir sebagai waktu kelulusan, raport akan kita terima kelak di akhirat, dan puncak hasilnya adalah neraka dan surga. Bagi mereka yang tidak lulus akan masuk neraka, bagi yang lulus dengan nilai biasa akan masuk surga, dan bagi yang lulus dengan nilai luar biasa/istimewa akan masuk surga + dekat dengan-Nya karena ridlo dari-Nya.

Menurutku, jangan jadikan sekolah formal adalah segala-galanya. Banyak diantara mereka yang aku temui merasa putus asa ketika mereka hanya menempuh jenjang pendidikan formal yang rendah. Alam semesta ini adalah sekolah. Aku, anda, mereka, setiap kita sedang bersekolah dari pertama menghirup udara hingga akhir hayat.

Jangan rendahkan diri kita yang mulia hanya karena menempuh jenjang pendidikan formal yang rendah. Ketika kita dilahirkan, kita telah mulia. Kita akan gagal dalam Sekolah Alam Semesta ini jika kita merendahkan diri kita.

Setiap kita adalah mulia. Muliakan diri kita dengan menjalankan Sekolah Alam Semesta dengan sungguh-sungguh agar kita bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Allah Bersama Kita.

Facebook Comments

Posted in Agama, Artikel, curhat | 1 Comment »



One Response to “Sekolah Alam Semesta”

  1.   novi Says:

    mulai muncul neh bahasa sufinya 🙂