Blogroll

Search

Katakanlah Insya Allah!

March 18th, 2009 by and tagged , ,

Sudah berulang kali hal ini terjadi akhir-akhir ini. Mulanya ketika gue janji mentraktir salah seorang teman wanita gue yang memiliki wajah imut seperti bayi atau lebih kerennya baby face (dibaca “bebi feis” bukan “babi pace”) untuk makan bakso kesukaannya disalah satu tempat yang cukup ternama dibilangan Bumi Ayu. Gue udah berusaha untuk menepati janji gue tapi apa daya, selalu saja ada halangan sehingga janji itu tidak dapat aku laksanakan sampai waktu yang cukup lama.

Sepertinya hal di atas belum menjadi pelajaran buat gue, beberapa kali janji yang gue bikin slalu saja meleset sampai yang terakhir adalah kemarin ketika dua orang anggota team sukses web malhikdua mendatangi gue di siang hari bolong di tengah terik matahari. Dia adalah si cute tika dan si lucu cinde yang selalu tersenyum kalau gue lagi ngomong. Entah kenapa dia senyum, mungkin karena gue orangnya lucu dan asyik atau mungkin ada yang ngga beres sama wajah gue. Setiap gue tanya ke cinde, dia selalu menjawab “ngga ada apa-apa”.

Percakapan yang cukup lama berlangsung antara gue dan kedua wanita tangguh itu. Agar lebih jelas dan mantap kita b ertiga memutuskan untuk mengadakan rapat pada sore harinya setelah sholat ashar tepatnya pukul 16.00 WIB. Jelas banget dalam percakapan itu, gue menekankan kepada semua yang diundang untuk hadir tepat pada waktunya. Tapi….., siapa sangka dan siapa duga, ternyata pada sore hari menjelang rapat gue ketiduran sampai jam 17.00. Bisa dibayangkan, gue yang koar-koar supaya para undangan datang tepat waktu ternyata malahan gue yang terlambat. Ngga tanggung-tanggung, gue terlambat sampai satu jam lebih.

Gue berpikir kembali, kenapa sih setiap bikin janji selalu aja melenceng ? Akhirnya gue teringat apa yang pernah gue sampaikan ke teman gue yang baby face itu kalau gue tuh setiap bikin janji ngga pernah mengucapkan insya allah. Alasan ini bukan ngga ada dalilnya, jangankan dalilnya, sejarahnya juga ada ko. Mau tau ? GINI CERITANYA

Once upon a time, rosulullah pernah ditanya oleh kaum kafir quraisy tentang tiga hal

  1. Mengenai para pemuda yang meninggalkan daerahnya dan pergi bersembunyi ke dalam gua
  2. Orang yang menguasai timur dan barat di bumi ini
  3. Tentang ruh

Saat itu rosulullah tidak mengetahui jawabannya dan berjanji kepada kaum kafir quraisy untuk menjawab pertanyaan itu besok dengan harapan akan ada wahyu turun untuk menjawab ketiga pertanyaan itu. Sehari berlalu, dua hari terlewati, hari ketiga berjalan tanpa turun wahyu, dan begitu seterusnya hingga hari ke lima belas barulah turun wahyu yang menjelaskan pertanyaan itu sekaligus menegur nabi untuk jangan sekali-kali mengatakan aku akan mengerjakan sesuatu itu besok kecuali dengan mengatakan insya allah. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam alqur’an yang artinya :

“dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu : sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut) Insya Allah. dan ingatlah kepada tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: Mudah-mudahan tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.” (QS. Alkahfi 23- 24).

Semoga Allah memberi kita petunjuk. Amiiiiin

Facebook Comments

Posted in Agama, Artikel, curhat | 8 Comments »



8 Responses to “Katakanlah Insya Allah!”

  1.   novi Says:

    (doh)

    rasanya Ishak itu perlu di sunnat dua kali

  2.   dloen Says:

    jangan mas, soalnya kasihan tukang sunatnya nanti, heheeee………….

  3.   afin Says:

    termaktub dalam al qur’an yang artinya kali? kan ayatnya ga disebutkan….

  4.   suryo Says:

    to Nov:
    cukup anda saja yang telah di sunat dua kali. Saya tidak perlu. btw, setelah disunat dua kali, berapa ukuran anda sekarang?

  5.   suryo Says:

    To afin :
    Terima kasih kritik dan sarannya, saya telah merubah kalimat di atas berdasarkan petunjuk dari anda.

  6.   suryo Says:

    To dloen :
    kasihan tukang sunatnya apa kasihan kamunya ? he…he…

  7.   sannya Says:

    gak da yang perlu dikasihani. emang ada yang mo nyunat u Lagi? oya mo nanggapi persoalan di atas. InsyaAllah kan berarti 99,99% benar N bakal dilakuin pi kata Insya Allah dengan mudahnya diucapkan oleh lisan kita,gimana tuh..?

  8.   Norm Says:

    YMMD with that asnewr! TX