Notice: add_custom_image_header is deprecated since version 3.4.0! Use add_theme_support( 'custom-header', $args ) instead. in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 3896

Notice: register_sidebar_widget is deprecated since version 2.8.0! Use wp_register_sidebar_widget() instead. in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 3896

Notice: register_sidebar_widget is deprecated since version 2.8.0! Use wp_register_sidebar_widget() instead. in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 3896

Warning: include_once(includes/custompost.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/newsportal/functions.php on line 149

Warning: include_once(): Failed opening 'includes/custompost.php' for inclusion (include_path='.:/usr/share/pear/') in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/newsportal/functions.php on line 149
CURAHAN HATI RYO - Mencontoh Sahabat Rosulullah

Categories

Blogroll

Recent Posts

Search

Mencontoh Sahabat Rosulullah

March 15th, 2009 by and tagged , , ,

Semalam, tepatnya pukul 18.30 setelah melakukan perjalanan jauh bersama ustadz Fikri As-syakiri, gue beristirahat sejenak di kantor Aliyah sambil iseng-iseng membaca surat kabar kompas terbitan tanggal 2 dan 3 Maret 2009. Betapa terkejutnya ketika aku membaca tentang penyediaan laptop bagi lulusan pendidikan pelatihan pembentukan jaksa. 450 laptop akan dibagikan kepada lulusan pendidikan jaksa tahun 2008.  Ngga tanggung-tanggung harga satu laptop yang akan diterima masing-masing jaksa adalah Rp. 20,737 juta. Jika dijumlahkan maka dana yang harus dikeluarkan adalah:
450 x @20,737  =  Rp. 9,332 miliar.

Untuk masalah di atas, boleh dong gue sedikit mengeluarkan apa yang ada di hati gue. Sesuai dengan judul blog gue (CURAHAN HATI RYO).

Buat gue, silakan aja mereka mengadakan laptop untuk para jaksa tapi jangan pake duit rakyat, karena rakyat masih banyak yang sengsara. Kalo memang kejaksaan kelebihan dana, sebaiknya digunakan untuk yang lebih manfaat untuk rakyat bukan untuk perorangan. Kalo kejaksaan ngga bisa memanfaatkan dana yang ada untuk kepentingan rakyat, itu adalah tugas utama pemerintah pusat untuk menarik kembali dana yang ada dan gunakan untuk kepentingan rakyat.

Tidak ingatkah pemerintah kalau di negeri kita  ini masih ada yang menderita penyakit busung lapar, masih banyak yang sulit untuk makan, masih banyak yang belum memiliki rumah, masih banyak yang dilanda bencana banjir, longsor, gempa, bahkan sisa-sisa tsunamipun masih tampak jelas. Tidak ingatkah pemerintah bahwa masih banyak rakyat-rakyat pedalaman yang belum mengenal pendidikan sekolah, masih banyak rakyat yang sulit untuk memperoleh air bersih, masih banyak daerah-daerah yang penduduknya sangat terasing dari dunia luar karena sulitnya sarana dan prasarana transportasi ? Dikemanakan hati nurani mereka?

Alkisah.
Sahabat Umar Bin Khattab (Semoga Allah meridhoinya), sebagai khalifah yang kekuasaannya telah menggemparkan dua imperium besar saat itu yaitu Romawi dan Persia,  Sahabat Umar Bin Khattab yang suratnya mampu menjadikan sungai nil mengalir kembali karena surat yang dikirimkan olehnya kepada sungai nil, Sahabat Umar Bin Khattab yang wibawanya dapat menjadikan seluruh syetan menyingkir saat beliau akan melewati suatu jalan,  Sahabat Nabi ini yang tidak diragukan lagi kehebatannya  hanya memiliki satu setel pakaian itupun sudah terdapat beberapa tambalan. Suatu ketika ada sahabat lain yang menasehatinya untuk mengenakan pakaian yang indah, tapi apa kata beliau ?

Tidak patut bagi seorang pelayan untuk mengenakan pakaian yang lebih indah dari majikannya”

Sebagai pemimpin suatu ummat beliau tidak merasa sebagai penguasa melainkan sebagai pelayan.  Padahal hanya dengan satu perintah saja dari sahabat Umar bin Khattab, jangankan hanya pakaian yang indah, istana yang megah beserta perlengkapan yang mewahpun akan segera disediakan oleh para pengikutnya. Betapa banyaknya teladan yang dapat diambil dari kisah para sahabat.

Tanyakan Kepada para jaksa itu.

  1. Jika anda bertempat disuatu pedalaman yang belum terdapat listrik, transportasi sulit, air bersih sulit maka mana yang anda pilih, dibelikan laptop oleh pemerintah atau dibangunkan jalan untuk transportasi dan listrik untuk penerangan?
  2. Apa perasaan anda, jika anda berada diposisi lapar, tidak memiliki makanan dan rumah, lalu anda dan teman-teman anda mengumpulkan dana untuk kemajuan hidup anda kemudian anda menyerahkan dana yang telah terkumpul kepada orang kepercayaan anda untuk dikelola, ternyata orang kepercayaan anda menggunakan dana itu untuk kepentingan pribadinya ?

Negeri ini belum makmur, janganlah takabbur.
jika memang sudah makmur, haruslah kita bersyukur bukan kufur.

Facebook Comments

Posted in Artikel, curhat |
Notice: Only variables should be assigned by reference in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/newsportal/functions.php on line 66

Notice: Only variables should be assigned by reference in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/newsportal/functions.php on line 66
4 Comments »




Notice: Only variables should be assigned by reference in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/newsportal/functions.php on line 66
4 Responses to “Mencontoh Sahabat Rosulullah”

  1.   Novi Says:

    tidak ingatkah pemerintah kalau di negeri kita masih ada… ISHAK

  2.   suryo Says:

    geblek. Seharusnya tidak ingatkah pemerintah bahwa di negeri kita ini masih ada orang yang harus transit di bumi ayu hanya untuk transport surabaya – jakarta. he..he..

  3.   Hrun Says:

    Artilel yg bagus! Sbg umat yg taat memang seharusnya kita meneladani Rasul & sahabatnya.

    thanks atas pujiannya, kritik dari mas harun juga aku tunggu. salam kenal

  4.   Rifky Says:

    Bener bgt km sob. Masih bnyk orang kekurangan mereka malah asik2kan. Ada orang puny jabatan tp ngk da rakyat sama aj bohong… Tolong kita fikirkan bnyk yg masih lebih butuh sob.